Selasa, 08 Desember 2015

Wisata Budaya

Tempat Wisata Budaya Di Kabupaten Sleman


yang ke-2 kita lihat yuk tempat wisata budaya yang ada di Kabupaten slemann.. bacaa yaa.. :-) terus kalo ada waktu mampir ke sini, bagus-bagus lo tempat nyaa..

1.Candi Kalasan

 candi kalasan merupakan sebuah candi yang dikategorikan sebagai candi ... ( sumber:yogyatugu.blogspot.com )

Candi Kalasan terkenal dikenal sebagai candi dengan ornamen indah dan detail. Keistimewaan candi terletak pada penggunaan getah tumbuhan tertentu sebagai pelapis untuk ornamen dan relief peta di dinding luar.Candi ini memiliki empat tangga dan gerbang yang dihiasi dengan Kala Makara . Sementara ceruk di pintu masuk yang dihiasi dengan sosok dewa yang memegang bunga teratai . Mahkota candi adalah atap berbentuk segi delapan dan dibagi menjadi tiga tingkatan . Tingkat terendah dihiasi dengan status Bodhisattva duduk di teratai . Bagian tengah berisi patung Buddha Dhyani diapit oleh dua Bodhisattva. Bagian tertinggi dari mahkota juga dihiasi dengan relung 8 dimahkotai dengan dagoba tunggal yang besar.

2.Candi Prambanan

 Candi Prambanan (Prambanan Temple) | Rental Motor Jogja( sumber:serayutrans.blogsport.com )

Candi Prambanan adalah pengejawantahan peradaban Hindu di tanah Jawa. Hal ini dapat dilihat dari struktur candi yang menggambarkan inti kepercayaan dalam agama Hindu, yaitu Trimurti. Kompleks Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.
Keistimewaan Candi Prambanan lainnya yang wajib disaksikan oleh wisatawan adalah keindahan relief-reliefnya yang menempel di dinding candi. Kisah Ramayana menjadi relief utama candi ini. Namun, relief lain yang tak kalah menarik adalah pohon kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan. Di Prambanan, relief pohon kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan pohon ini menggambarkan betapa masyarakat Jawa abad ke-9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya.

3. Candi Sambisari

Candi Sambisari 5 meter dibawah tanah( sumber:herulegowo.wordpress.com )

Candi Sambisari yang terletak di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Sleman. Kalo dari arah kota tinggal berjalan ke arah Bandara Adisucipto, nah beberapa ratus meter dari pertigaan Bandara Adisucipto tersebut terdapat pertigaan lagi, belok kiri sampe mentok kita sudah sampai di lokasi Candi Sambisari. Nggak sulit buat nyari jalannya karena ada papan penunjuk jalan dengan jelas.
Candi Sambisari ini merupakan candi yang bercorak agama Hindu. Yang menarik adalah Candi Sambisari berada pada kedalaman 6,5 meter di bawah permukaan tanah sekitarnya. Terdiri dari sebuah Candi Induk dan 3 Candi Perwara. Untuk masuk ke area candi terdapat 4 pintu masuk, saya pun masuk melalui pintu sebelah barat.

4.Monumen Yogya Kembali


(sumber:wisatabudaya.blogspot.com)

Wisata bersejarah di Sleman ini meskipun berada di dekata Kota Yogyakarta namun sebenarnya masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman.Monumen Yogya kembalisering disingkat dengan Monjali, dimana moumen ini dibangun sebagai pengingat akan jasa para pahlawan yang gugur di medan perang Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan penjajah Belanda. Dengan serangan ini akhirnya pada 29 Juni 1949 Tentara Belanda ditarik dari Yogyakarta dan menandai kembalinya Yogyakarta ke dalam kekuasaan RI.

5. Museum Gunung Merapi


(sumber:www.slemanjogja.com)

Museum Gunung Merapi dibangun di Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini berjarak sekitar 5 km dari kawasan Kaliurang sehingga masih termasuk dalam lereng Gunung Merapi. Kita tahu bahwa Gunung Merapi adalah gunung teraktif di dunia. Setiap kali meletus akan menimbulkan bencana yang luar biasa bagi penduduk di sekitar Gunung Merapi. Museum Gunung Merapi ini dibangun sebagai media pendidikan bagi masyarakat akan aspek teknis vulkanologi sampai masalah sosial dan budaya dari Gunung Merapi ini.

6.Museum Dapur Tradisional


(sumbut.sanutra.com)

Museum Dapur Tradisional memiliki koleksi yang sangat unik yaitu berupa peralatan dapur tradisional sejak zaman dahulu. Museum Dapur Tradisional ini terdapat di desa wisata Kembangarum, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata museum di Sleman ini dapat dijadikan sebagai wisata pendidikan bagi putra-putri kita agar dapat mengenal sejarah perkembangan peralatan rumah tangga dari yang masih kuno sampai yang modern.

7. Museum Dirgantara Mandala

(sumber:jogja.storykota.com

Museum Dirgantara Mandala menyimpan diorama dan miniatur berbagai jenis pesawat, pesawat terbang yang bersejarah serta peralatan dan persenjataan pesawat terbang. Museum Dirgantara terdapat di dekat Kompleks Lanud Adisucipto. Wisata di Sleman ini sangat digemari oleh putra-putri kita dan dapat dijadikan sebagai ajang pengenalan pesawat terbang kepada mereka.

8.Kinahrejo

Hasil gambar untuk foto kinahrejo
(sumber:travel.detik.com)

Kinahrejo merupakan dusun tempat tinggal Mbah Maridjan semasa masih hidup dulu. Kini dusun Kinahrejo sudah hancur total akibat letusan Gunung Merapi pada 26 Oktober 2015. Sisa sisa perkampungan di Kinahrejo ini sekarang menjadi obyek wisata Sleman yang sangat diminati oleh pengunjung. Alamat lengkap Kinahrejo adalah di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disini pengunjung dapat melihat sisa lava yang menumpuk, barang barang yang menjadi saksi keganasan lava Gunung Merapi dan disediakan juga berbagai macam souvenir hasil karya penduduk sekitar. 

9.Sendratari Ramatana

Hasil gambar untuk foto sendratari ramayana
(sumber:kidnesia.com)

Sendratari Ramatana adalah pertunjukan berupa seni drama dan tari yang mengisahkan kisah Ramayana. Pertunjukan Seni Drama dan Tari Ramayana diadakan di panggung teater terbuka di dekat Kawasan Candi Prambanan. Jika cuaca tidak mendukung pertunjukan ini diadakan di dalam ruangan gedung Trimurti. Pertunjukan ini telah menjadi wisata di Sleman yang ramai dikunjungi baik oleh turis lokal maupun mancanegara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar